My Linux Adventures

Untuk mengawali catatan web ini, saya akan menceritakan pengalaman penggunaan Linux dalam beberapa bulan terakhir ini. Semuanya dimulai ketika atasan saya menugaskan untuk mencari distro Linux yang sekiranya mudah untuk digunakan dilingkungan perkantoran. Dengan pengalaman saya dulu menggunakan PCLinuxOS 0.93a (Big Daddy), tidak salah jika saya mengajukan PCLinuxOS 2007 sebagai kandidat utama. Setelah dilakukan uji coba selama kurang lebih 3 minggu pada lingkungan kantor kami, maka kita sepakat untuk menjadikan PCLinuxOS 2007 sebagai OS Linux utama.

Being an OS freak, saya tidak puas dengan PCLinuxOS saja. Untuk kelengkapan dan kemudahan sebuah distro Linux, PCLinuxOS sudah menyukupi berbagai kriteria pengganti Windows. Tapi saya lebih suka menggunakan Gnome sebagai antarmuka, yang sayangnya bukan merupakan antarmuka utama PCLinuxOS. So let’s try Linux Mint, sebuah distro turunan Ubuntu dengan “out of the box experiences” yang hampir sama dengan PCLinuxOS 2007. Setelah menginstall di komputer kantor dan yakin akan kestabilannya, maka saya putuskan untuk menginstall pada notebook pribadi. Setelah seharian mengupdate aplikasi dan fitur sesuai kebutuhan, saya jadi sedikit kecewa karena performanya menjadi lambat banget. Gak tau kenapa, tapi semuanya jadi begitu lambat. Bahkan untuk menampilkan form Shutdown saja dibutuhkan waktu sampai 5 detik 😦

Ketika hampir putus asa (mutung) dan akan memutuskan untuk menginstall PCLinuxOS 2007 lagi, Ubuntu version 7.10 is released. After experienced so many bad things with Ubuntu since version 5, I decided to give it another shot. I hope this version will give us a wonderful experience to be my choice of desktop OS. So, let’s the journey begin….

Tinggalkan Balasan

