Hari Kemerdekaan

Sebentar lagi kita akan merayakan hari kemerdekaan. Dimana-mana sudah sibuk mempersiapkan berbagai macam kegiatan untuk merayakannya. Hari kemerdekaan tahun ini akan awal yang unik buat saya mengingat status kerja saya yang sekarang. That’s right, untuk kali ini dan seterusnya saya akan mengikuti upacara bendera 🙂 IIRC saya terakhir kali ikut upacara bendera pada acara ospek mahasiswa pada tahun 1996.

Saya gak begitu suka ikut upacara bendera karena rasanya militer banget. Dan menurutku masih ada cara lainnya untuk memperingati hari kemerdekaan tanpa harus mengadakan upacara bendera. Yang jelas bukan dengan mengadakan berbagai macam lomba seperti yang biasa dilakukan. Setiap tahun saya berusaha menghindari mengikuti perlombaan apapun. Tapi kadang ikut juga buat meramaikan saja dan sama sekali gak berharap menang. Malah kalau bisa sekali lomba langsung kalah saja 🙂

Mungkin ini hanya berlaku untuk saya saja, tetapi saya menganggap lomba2x yang diadakan bukan merupakan cara yang tepat untuk memperingati sebuah hari kemerdekaan. Apa kata leluhur kita jika melihat kemerdekaan yang mereka raih dengan susah payah hanya diperingati dengan mengadakan lomba yang cenderung bersifat hura-hura.

Mestinya kita intropeksi terhadap diri kita masing-masing. Sudah sejauh mana kita mengembangkan amanat para leluhur kita untuk membangun bangsa yang kita cintai ini. Mestinya pada hari kemerdekaan ini bisa menjadi renungan untuk para pejabat koruptor serta perusak alam negeri ini untuk sadar dan berhenti melakukan tindakan-tindakan yang jelas-jelas merusak dan merugikan bangsa. But of course, it won’t be that easy for them to change. Tapi kita tetap boleh berharap kan….

Tinggalkan Balasan

